Komedo di Hidung Membandel? Ini Cara Mudah Menghilangkannya

Memiliki wajah yang bersih dan mulus merupakan idaman bagi banyak wanita. Namun bagaimana jika penampilan wajah kita terganggu oleh munculnya komedo yang membandel dan sulit dihilangkan pada hidung? Tentu kita ingin menyingkirkan komedo membandel tersebut. Banyak orang rela menghabiskan banyak uang untuk merawat dan menghilangkan komedo membandel agar tak muncul lagi. Agar Anda dapat mengetahui lebih tentang apa itu komedo, penyebab, cara menghilangkan dan cara mencegah komedo maka simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Komedo Dan Apa Penyebabnya?

Komedo merupakan jenis jerawat yang tergolong lebih ringan dan umumnya muncul pada wajah terutama bagian bagian hidung, dagu, sekitar bibir, dan sekitar telinga. Tidak hanya di sekitar wajah, komedo juga dapat muncul di bagian tubuh lain seperti di leher, dada, bahu, punggung, dan lengan. Komedo disebabkan oleh sumbatan yang terdapat di pori-pori. Sumbatan tersebut berasal dari kotoran dan produksi minyak yang berlebih oleh kelenjar bawah kulit yang menyumbat pori-pori kulit.

Terdapat dua jenis komedo, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Warna hitam ditimbulkan karena sel-sel kulit mati yang berada di pori-pori bereaksi dengan oksigen sehingga berubah warna menjadi hitam. Namun jika kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat tidak bereaksi dengan oksigen akan berwarna putih, keduanya sama-sama disebut komedo.

Secara umum, biasanya terdapat dua faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya komedo pada wajah terutama pada hidung, yaitu usia dan perubahan hormon. Komedo lebih sering muncul pada masa-masa pubertas karena pada masa ini hormon androgen yang dimiliki baik pria maupun wanita meningkat. Peningkatan hormon ini menimbulkan produksi minyak atau sebum dan sel kulit mati lebih banyak.

Produksi hormon androgen yang meningkat sebenarnya tidak hanya dialami saat pubertas, tetapi juga saat menstruasi, kehamilan, dan saat seseorang mengonsumsi pil KB.

Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan timbulnya komedo adalah penggunaan kosmetik yang dapat menutupi pori-pori kulit, stres atau kondisi lain yang berhubungan dengan perubahan hormon, seperti sindrom pramenstruasi (PMS) dan PCO, penggunaan obat steroid, seperti kortikosteroid juga dapat memicu munculnya komedo.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

  • Gunakan Perasan Air Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya kandungan vitamin C nya. Buah ini baik untuk jika digunakan untuk merawat kulit yang berminyak dan berkomedo. Kandungan asam yang tinggi yang dimiliki buah ini mampu membersihkan minyak berlebih sehingga masalah komedo hitam membandel pada hidung dapat diatasi dengan buah yang satu ini.

Caranya iris lemon menjadi beberapa bagian. Bersihkan wajah dengan air hangat kemudian gosokkan dengan lembut irisan lemon pada hidung yang berkomedo, biarkan 10 menit lalu bilas dengan air dingin.

  • Gunakan Lidah buaya

Kandungan vitamin E yang terdapat pada lidah buaya sangat baik jika digunakan untuk perawatan rambut dan kulit. Salah satu khasiat lidah buaya adalah dapat menghilangkan komedo yang membandel.

Caranya adalah siapkan satu lembar daun lidah buaya kemudian kupas dan cuci bersih lendir yang ada. Kemudian haluskan daging lidah buayanya. Oleskan pada kulit dan biarkan selama 30 menit. Setelah 30 menit basuh wajah menggunakan air dingin hingga bersih.

  • Menghilangkan Komedo dengan Pepaya dan Kopi

Kandungan baik yang terdapat pada buah yang satu ini sudah terkenal baik untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Salah satu kegunaannya juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo yang membandel di hidung.

Caranya ambil sedikit pepaya yang telah masak, haluskan menggunakan sendok kemudian beri satu sendok bubuk kopi hitam. Aduk hingga menjadi pasta kemudian oleskan pada wajah sambil dipijat dengan halus. Tunggu hingga kering kemudian bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan ini rutin setiap 2 minggu sekali.

  • Kacang kedelai

Kedelai merupakan jenis biji-bijian yang banyak mengandung protein nabati. Kandungan protein nabati yang terdapat dalam kacang kedelai mampu digunakan untuk merawat wajah dan dapat menghilangkan komedo yang membandel.

Caranya adalah haluskan kacang secukupnya kedelai dengan blender. Setelah halus oleskan pada hidung yang berkomedo kemudian diamkan selama 30 menit. Bersihkan wajah menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang optimal.

  • Garam

Selain menjadi bahan yang digunakan untuk perasa makanan, garam juga ternyata berguna untuk menghilangkan komedo pada hidung dan area wajah. Garam ampuh mengangkat minyak pada wajah sehingga mencegah munculnya komedo dan jerawat.

Caranya campurkan air perasan lemon dengan sedikit garam. Setelah garam larut kemudian oleskan pada hidung yang berkomedo. Diamkan selama 30 menit lalu bilas wajah hingga bersih.

  • Kulit jeruk

Tidak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan buahnya, kulit jeruk juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Serat kasar yang terdapat pada kulit jeruk mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengangkat komedo.

Caranya ambil kulit jeruk secukupnya kemudian blender hingga halus. Tambahkan sedikit gula untuk menjadi scrub alami. Oleskan campuran tersebut pada hidung yang berkomedo hingga rata. Diamkan 30 menit kemudian cuci bersih wajah menggunakan air dingin.

Tips Mencegah Komedo Agar Tak Datang Lagi

Selain cara-cara yang telah dijelaskan di atas, cara mencegah agar komedo tidak datang lagi adalah dengan menerapkan gaya hidup atau pola hidup yang baik. Berikut daftar yang dapat Anda terapkan agar komedo tidak kembali lagi

  1. Rutin mencuci wajah dua kali dalam sehari dengan sabun yang cocok untuk menghilangkan komedo. Mencuci atau membersihkan wajah juga sebaiknya Anda lakukan setelah Anda bepergian suatu tempat untuk mencegah agar komedo tidak datang lagi.
  2. Menggunakan make up yang aman untuk jenis kulit yang berminyak. Pilihlah make up yang sesuai untuk kulit berminyak, banyak produsen make up terkenal yang memproduksi make up khusus untuk wajah berminyak dan berkomedo yang dapat dengan mudah dapat Anda dapatkan kosmetik.
  3. Jangan pernah lupa untuk membersihkan make up setelah selesai beraktivitas agar tidak menyumbat pori-pori kulit.
  4. Kurangi makanan berminyak seperti gorengan dan santan karena makanan juga turut berpengaruh dalam pembentukan minyak pada wajah.
  5. Jangan memencet komedo dengan tangan, karena dapat menimbulkan iritasi bahkan menyebabkan timbulnya jerawat.
  6. Perbanyak minum air putih agar dapat memperlancar pembuangan racun pada tubuh, termasuk kotoran-kotoran pada kulit.
  7. Tidur cukup dan jangan terlalu sering begadang. Dengan tidur cukup tubuh akan meregenerasi sel-sel sehingga kulit wajah menjadi segar dan terhindar dari komedo.

Itulah sedikit ulasan tentang komedo dan cara menghilangkannya. Jika Anda ingin mencoba salah satu cara atau tips perawatan dan kesehatan di atas, pastikan jika Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang akan Anda gunakan.