Manfaat Alami Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Minyak zaitun atau olive oil bukanlah bahan baru yang dikenal berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Manfaat alami yang diberikan oleh minyak zaitun sudah menjadi rahasia umum. Minyak zaitun yang dibuat dari tanaman asli Mediterania ini mengandung banyak senyawa yang baik untuk tubuh. Senyawa tersebut diantaranya vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3 dan lemak jenuh) phenolic  dan zat besi. Apa saja kah manfaat minyak zaitun untuk tubuh kita ? Nah, simak ulasan tentang berbagai manfaat yang diberikan minyak zaitun berikut ini.

Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh seperti mencegah atau mengurangi risiko kanker, memperlancar aliran darah, menebalkan tulang dan osteoporosis, dan dapat mengurangi depresi. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker

Minyak zaitun memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi serta kerja phenolic dan vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mencegah kanker kulit dan payudara. Menggunakan minyak zaitun sebagai tabir surya dapat mencegah sengatan matahari yang mengandung UVA dan UVB yang berbahaya untuk kesehatan kulit.

Kanker Payudara sering terjadi karena lemak jahat. Lemak yang ada dalam minyak zaitun dapat melawan perkembangan tumor penyebab kanker payudara. Kandungan asam oleat, lemak tak jenuh, dan antioksidan inilah yang berperan penting dalam melawan pertumbuhan kanker ini.

  • Memperlancar Aliran Darah

Lemak omega 9, omega 6, dan omega 3 yang terkandung dalam minyak zaitun memiliki fungsi untuk memperbaiki endotel pembuluh darah. Hal ini menjadikan aliran darah menjadi lebih lancar. Aliran darah yang lancar akan berdampak baik yakni mencegah timbunan kolesterol dalam darah. Minyak zaitun akan mencegah oksidasi kolesterol dalam darah dapat menghindarkan diri dari penyakit jantung.

  • Menebalkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Minyak zaitun dapat meningkatkan kadar kalsium dan mengurangi kadar ALP, MDA, dan nitrat secara signifikan. Kalsium sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Kondisi tulang yang sehat dapat mengurangi risiko osteoporosis.

  • Mengurangi Depresi

Makanan yang kaya akan minyak zaitun dapat memerangi penyakit jiwa. Kombinasi minyak zaitun dengan sereal gandum, ikan berminyak, sayuran dan tomat kering dapat mengurangi rasa depresi.

Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Membahas manfaat minyak zaitun untuk kecantikan tentu sangat banyak. Mulai dari kecantikan wajah, rambut hingga ujung kaki. Beberapa manfaat yang diberikan minyak zaitun untuk menunjang kecantikan wajah seperti memerahkan bibir, menebalkan alis, menebalkan bulu mata, mengencangkan kulit, mengurangi pori – pori wajah, serta menghaluskan kulit wajah.. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui manfaat minyak zaitun untuk kecantikan secara alami.

  • Memerahkan Bibir

Vitamin E dan K yang terkandung dalam minyak zaitun dapat menjadi nutrisi penting untuk mengurangi bibir hitam. Dengan demikian bibir akan berwarna merah alami. Cukup oleskan minyak zaitun pada bibir secara rutin setiap hari, maka perlahan-lahan warna bibir pun akan berubah menjadi lebih merah alami.

  • Menebalkan Alis

Alis menjadi bagian wajah yang sangat penting untuk diperhatikan tampilannya. Banyak orang yang melakukan sulam alis untuk mempercantik alis mereka. Hal seperti tidaklah mungkin dapat dilakukan oleh setiap orang. Budget yang dibutuhkan untuk mempercantik alis tidaklah bisa dijangkau oleh setiap orang.

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai solusi bagi para pemilik alis tipis. Menggunakan minyak zaitun secara alami yang tidak dicampur dengan bahan kimia lain bermanfaat aktif untuk menebalkan alis. Sehingga, volum alis pun dapat bertambah dan  kepercayaan diri pun meningkat.

  • Menebalkan Bulu Mata

Selain bermanfaat untuk menebalkan alis, minyak zaitun juga berkhasiat untuk menebalkan bulu mata. Bulu mata yang lentik dan bervolume tentu menjadi idaman para wanita.

  • Mengencangkan Kulit

Minyak zaitun mengandung zat linoleic yang dapat membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Hal ini dapat mencegah kulit dari keriput pada usia dini. Selain itu, kandungan antioksidan yang bernama polifenol dapat melindungi sel-sel kulit dari ancaman kerusakan.

  • Mengecilkan Pori-pori Wajah

Zat linoleic yang terkandung dalam minyak zaitun selain dapat mengencangkan kulit berkhasiat pula untuk mengecilkan pori-pori wajah. Pori-pori wajah yang terlalu lebar pastilah mengganggu performa penampilan wajah.

  • Menghaluskan Kulit

Minyak zaitun yang dicampur dengan buah pepaya sangat baik untuk dijadikan masker. Enzim papain dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan Vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam pepaya mampu membantu menutrisi kelembapan kulit. Sehingga, kulit wajah akan lebih terlihat lebih lembut atau halus.

Khasiat minyak zaitun untuk kecantikan wajah dimulai dari ujung alis hingga ujung dagu. Artinya bahwa dengan menggunakan minyak zaitun memang sangat direkomendasikan perawatan wajah secara alami.